Sunday, July 29, 2007

Barcelona baru hebat di atas kertas

Madrid (Espos) - Pelatih Barcelona, Frank Rijkaard menolak anggapan banyak pihak kalau timnya bakal dengan mudah menyapu semua gelar karena memiliki Fantastic Four yakni Samuel Eto’o, Ronaldinho, Lionel Messi dan bintang baru Thierry Henry.
”Di atas kertas kami memang punya tim hebat, tapi kami masih harus membuktikan di lapangan. Semuanya dimulai dengan kerja keras dan hanya dengan itu talenta yang ada akan memberi hasil yang menggembirakan,” tegas Rijkaard seperti dilansir Marca, Minggu (29/7). ”Hal terpenting adalah kerja keras, sikap rendah hati dan rela berkorban.”
Barcelona baru saja gagal mempertahankan gelar juara Liga Spanyol untuk kali ketiga berturut-turut musim lalu, setelah finish mengumpulkan nilai sama dengan Real Madrid, namun kalah dalam rekor head-to-head.
Untuk menghadapi musim depan, Barcelona sudah merogoh kocek senilai 65 juta euro untuk membeli Thierry Henry dari Arsenal, gelandang Yaya Toure dari Pantai Gading, bek kiri Prancis Eric Abidal dan bek tengah Argentina Gabriel Milito.
Namun pelatih asal Belanda ini mengaku tidak akan memaksakan menurunkan Eto’o, Ronaldinho, Messi dan Henry pada saat bersamaan, seperti yang banyak diharapkan suporter fanatik El Barca.
”Tekanan yang ada sama sekali tak membuat saya terganggu. Semua pendukung ingin melihat para pemain hebat ini di lapangan, namun semua terserah saya yang memutuskan. Saya pikir mereka bisa bermain bersama, tapi tetap tergantung pada keseimbangan tim,” lanjut Rijkaard.
”Musim kompetisi waktunya cukup panjang. Semua pasti bisa berpartisipasi dan punya kesempatan masing-masing.”
Media-media setempat menyoroti bagaimana klub ini akan mengendalikan ego bintang-bintang mereka jika Rijkaard menerapkan kebijakan rotasi pemain sehingga membuat satu atau lebih dari mereka harus rela duduk di bangku cadangan.
Kegagalan meraih trofi musim lalu dikatakan karena adanya perselisihan di antara pemain bintang di kamar ganti, plus adanya rasa berpuas diri serta kurangnya komitmen untuk klub. Tapi Rijkaard optimistis pemain baru bakal membantu menyegarkan skuad dan bukannya malah membuat ia kian pusing kepala. ”Pembelian pemain membawa harapan baru dan sebuah perubahan dinamis dalam skuad, di mana setiap orang ingin membuktikan kualitas mereka dan menjadi bagian inti tim ini,” imbuhnya.
Pekan lalu kiper Real Madrid, Iker Casillas mengingatkan problem yang dihadapi Barca hampir sama dengan yang pernah terjadi semasa era Galacticos di Bernabeu di bawah pimpinan presiden Florentino Perez. Namun Rijkaard menjawab, ”Saya ingin berterima kasih kepada Real untuk pesan ini. Akan sangat tolol jika kami iku-ikutan tergelincir seperti yang pernah terjadi dengan mereka. Saya pikir saya tahu apa yang harus dilakukan.” - tha/Rtr

No comments: